Selasa, 06 Januari 2009

MENCARI MELODI LAGU

MENCARI MELODI LAGU
SEMUDAH ANDA MENCARI PACAR.
JIKA ANDA JAGO MAIN GITAR.

Artikel Saya kali ini merupakan jawaban dari salah satu rekan kita dari Bojonegoro yang mengeluh karena Dia sudah cukup lama mengikuti kursus private gitar, namun masih belum bisa mencari melodi lagu. Saya sebagai orang yang dipercayainya untuk berkonsultasi dan memberi solusi masalahnya tersebut, Saya berusaha membantu sebisanya. Mari kita mencari melodi lagu.....

Pada saat Saya menerima keluhan dari rekan kita yang berasal dari Bojonegoro ini, Saya seketika menjawab, “kenapa Mas tidak bertanya pada guru gitar Mas.” Dan mas Bojonegoro yang Saya sedikit lupa namanya (maap mas) menjawab, ”Saya sudah menanyakan namun tetap saja tidak paham.”

Hikmah yang perlu diambil dalam masalah ini adalah :
berhati-hati memilih guru musik, penguasaan teori seorang guru tanpa aplikasi sama saja bohong.
tiru tekad mas Bojonegoro untuk bisa lebih berkembang. Hidup mas Bojonegoro !!!!!!!!!!!

kembali lagi kepembahasan, Saya mengambil judul mencari melodi gitar semudah mencari pacar jika Anda jago main gitar karena memang benar mencari melodi mudah. Menurut Saya kendala dalam mencari melodi lagu adalah kurangnya insting atau naluri yang dapat terbentuk melalui proses belajar yang konsisten.

Secara teoritis, mencari melodi sebuah lagu adalah dengan :
pada awalnya dimulai dengan mencari nada dasar lagu tersebut.
mencari susunan chord-chord yang dimainkan dalam lagu tersebut, cari sesuai dengan rumus progresion chord yang didasari dengan susunan tangga nada dasar.
baru tiba saatnya mencari susunan nada yang digunakan dalam memainkan lagu tersebut. Dengan cara mencari nada-nada pada susunan tangga nada dari nada dasar yang digunakan.

Contoh kasus :
Sebagai contoh lagu kepompong yang dimainkan dengan nada dasar B Mayor, maka melodi lagu yang dimainkan pada lagu tersebut tidak akan lepas dari keluarga tangga nada B mayor yaitu G# minor pentatonik dan natural, serta B mayor pentatonik. Dan pada lagu kepompong tersebut banyak dimainkan melodi G# minor pentatonik pada posisi fret 11.

Semoga penjelasan Saya ini dapat bermanfaat bagi banyak orang khususnya mas Bojonegoro semoga bisa lekas mencari melodi gitar. Pada intinya, tentukan nada dasar untuk memainkan progresion chord, lalu cari melodi gitarnya pada nada-nada keluarga tangga nada dasar yang digunakan.

Terus Belajar Musik.....

Teruslah berkeyakinan bahwa mencari melodi lagu itu gampang,
Segampang kita cari pacar jika kita jago main gitar.

7 komentar:

alim_21 mengatakan...

Makasih atas artikelnya ya mas.....tp kalau aku merasa lebih sulit mnecari achord lagunya dech daripada mencari melodinya. itu gimanaya mengatasi hal itu?

Anonim mengatakan...

hay mas saya zainal dari nganjuk saya agak blom ngerti dengan teory tadi, coba terangkan sekali lagi se detail-detailnya, dan saya gak tau kemaksud keluarga B dalah G#m, gimana caranya

Belajar gitar mengatakan...

Wah asik banya juga ternyata gitaris handal..
salam hangat dari gitaris bandung boz..
blog gw : Belajar bermain gitar

ROLLAS mengatakan...

assalamualaikum mas jaroot..saya di sini gak komen apa2.saya cuma mau ngucapin terimakasi banyak,berkat buku sampeyan yang judulnya "guitar hero,5 langkah menjadi gitaris solo"..saya sudah 5 tahun belajar gitar secara otodidak dan sudah menguasai beberapa tekhnik gitar seperti spregio dengan sweep picking,sweep tapping dan sudah hafal beberapa scale.teman2 banyak bilang kalo saya piawai bermain gitar,tapi tetep saja saya merasa kalo saya masih nol dan tidak bisa apa2.tapi setelah membeca buku sampeyan di bab progesion chord saya mendapat pencerahan tentang apa itu artinya musik..trimakasih mas,,sekarang saya sedang menggarap rekaman gitar solo saya gratis tanpa bayar sepeserpun..doakan sukses yo mas..wassalam, syikhan i,lamongan

ROLLAS mengatakan...

asalamualaikum mas jarot..saya di sini gak komen apa2,saya cuma mau mengucapkan trimakasih sama sampeyan karana sampeyan telah membantu saya untuk menjadi musisi yang lebih berkembang lewat buku sampeyan yang judulnya "guitar hero,5 langkah menjadi gitaris handal"..saya sudah 5 tahun belajar gitar dan sudah menguasai beberapa tekhnik gitar seperti apregio dengan sweep picking dan sweep tapping dan beberapa scale,tapi tetep aja saya masih merasa kalo saya masih belum bisa apa2,tapi setelah membaca buku sampeyan di bab progesien chord saya menemukan sebuah pencerahan tentang apa itu artinya musik,,sekarang saya sedang menggarap album solo guitar saya yang pertama..doakan sukses yo mas...sihan lamongan,maturnuwun sanget,,!!

Hidayat Outsiders mengatakan...

Asalamualaikum bg bg semua..
Saya mau nanyak..
klo misalnya kord dala lagunya.. D A G D..
Cara dapetin melodynya gmna tuh..?
Makasih

abdur rahman haris mengatakan...

thanks bro atas info nya, walaupun masih dikit bingung, jika lagu dari nada B mayor, melodinya dri G# ?