Senin, 20 April 2009

Media Government

adi jarot pamungkas
153 060 177

“VEGA ZR
Bertenaga, Lincah, dan Hemat Bensin”

Produsen-produsen otomotif khususnya sepeda motor berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi untuk dapat menarik perhatian masyarakat. Dengan disain elegan, mesin yang irit bensin, ramah lingkungan, serta penawaran-penawaran lainnya yang bertujuan untuk mendapat perhatian dari masyarakat serta membangun dan mempertahankan citra positif brand produk.
Untuk menghadapi persainggan yang semakin ketat ini Yamaha sebagai produsen sepeda motor yang besar meluncurkan terobosan baru yaitu Vega ZR, dengan desain yang elegan dan mesin yang tangguh serta hemat, karena memiliki mesin 115cc dengan teknologi ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.
Yamaha secara umum memiliki citra sepeda motor yang memiliki tenaga dan kecepatan yang baik namun konsekuensinya adalah bahan bakar yang digunakan lebih boros. Untuk itu Yamaha meluncurkan produk terbaru yaitu Yamaha Vega ZR yang memiliki tenaga dan kecepatan yang tangguh karena memiliki mesin 115 cc, serta didisain ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.
Untuk mempublikasikan motor Yamaha yang bertenaga, lincah, dan irit dilakukan dengan mengadakan “Marathon Vega ZR”, yang mana kegiatan ini diwujudkan dengan test ride Vega ZR. Yang membedakan test ride Vega ZR dengan test ride lainnya adalah test ride Vega ZR dilakukan jarak jauh yaitu dari Jakarta – Surabaya dengan kecepatan tinggi rata-rata 60 – 80 km per jam, dengan dibukakan jalan oleh Polisi sehingga jalan dapat terbuka lebar. “Marathon Vega ZR” ini tidak mengganggu aktivitas masyarakat karena hanya menutup jalan sebentar saja karena iring-iringan test ride ini tidaklah panjang hanya diikuti 50 Vega ZR. Dalam marathon ini, dipusatkan pada 3 titik kota untuk event yaitu Jakarta untuk titik Start, Yogyakarta untuk persinggahan, dan Surabaya untuk finish.







PUBLIKASI
Untuk mengenalkan Vega ZR kepada masyarakat dilakukan dengan mengadakan publikasi melalui media massa baik cetak dan elektronik. Pada 3 titik kota “Marathon Vega ZR” diadakan acara musik yang dipadukan dengan free style menggunakan Vega ZR, karena Vega ZR merupakan motor yang bertenaga dan lincah.
Program “Marathon Vega ZR” ini bertujuan untuk :
1. Memperkenalkan kepada masyarakt luas produk Yamaha terbaru, yaitu Vega ZR.
2. Membangun citra Yamaha sebagai motor yang Bertenaga, Lincah, dan Irit.
3. Mempengaruhi dan merangsang masyarakat semua lapisan untuk menggunakan Vega ZR.


IKLAN
Meluncurkan iklan TV yang berkonsepkan sebuah Motor Vega ZR yang digunakan untuk berkeliling mengantarkan kiriman barang dengan kecepatan tinggi serta meliuk-liuk melewati keramaian jalanan, dengan tidak berhenti dan tidak mengisi bensin.
Setelah itu ada motor polisi yang mengejar Vega ZR karena melebihi kecepatan, namun setelah mengejar sekian lama motor polisi tidak dapat menangkap da akhirnya kehabisan bensin.
Untuk media cetak menampilkan motor polisi yang kalah dengan Vega ZR, karena kehabisan bensin.
• Media partner kami, antara lain:

- Media Elektronik
 Trans Corp.
 SCTV
 MNC Group

- Media Cetak
 Kompas
 Tempo

SIARAN PERS
“Vega ZR Tidak Ada yang Mampu Mengejar”
Jakarta
Yamaha telah meluncurkan produk terbarunya yaitu Vega ZR dan dalam rangka mengenalkan produk Yamaha terbaru ini kepada masyarakat Yamaha menyelengarakan sebuah program yang dtujukan kepada semua orang yang ingin mengikuti “Marathon Vega ZR”, yang mana calon peserta dapat mengirimkan data diri dan foto ekspresif bersama kendaraan Yamaha-nya. Yang kemudian akan dipilih oleh penyelenggara sesuai dengan kriteria kesehatan dan kemampuan peserta sejumlah 50 orang. Peserta yang terpilih akan memperoleh Yamaha Vega ZR secara cuma-cuma dengan biaya akomodasi selama test ride ditanggung Yamaha .
Selain itu, pada 3 titik kota yang dilalui “Marathon Vega ZR”, diadakan event musik dipadukan dengan free style menggunakan Vega ZR. Para free styler dapat mendaftarkan di sekretariat Yamaha “Marathon Vega ZR” di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya dengan biaya rp 100.000,- per peserta.
Dalam acara ini dimarakkan oleh artis Andra and The Backbone dan Samson, yang akan turut pada rombongan “Marathon Vega ZR” selama di Jakarta – Yogyakarta – Surabaya.


MENJADI SUMBER INFORMASI MEDIA MASSA

Yamha sebagai salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia dan di Asia harus selalu siap dalam menjadi sumber informasi bagi media massa. Hal ini sangat penting agar tidak beredarnya berita yang simpang-siur mengenai produk Yamaha. Sebagai salah satu contoh adalah saat motor legendaris Yamaha RX King yang diidentikkan dengan motor para penjambret, perampok, dan pelaku tindak kejahatan lainnya. Yamaha mampu menjawabnya dengan memberikan beberapa motor RX King kepada polisi untuk mengatasi tindak kejahatan.
Hal-hal yang diperhatikan saat dihubungi media massa adalah:
1. Cepat tanggap
2. Ungkapkan fakta.
3. Ungkapkan dalam bentuk pernyataan bukan ungkapan.
4. Mengulangi lagi pertanyaan dalam jawaban.
5. Sampaikan pernyataan yang kiranya akan dikutip media secara tegas dan jelas.
6. Berperan sebagai sumur bukan pancuran.
7. Bicara pada wartawan, bukan medianya.


MEMPERSIAPKAN KONFRENSI PRES
1. Topik/ tema yang akan di sampaikan ke media massa adalah “Vega ZR Tidak Ada yang Mampu Mengejar” tema ini diambil sesuai dengan konsep yang akan direalisasikan oleh Yamaha yang ingin membangun brand positioning bahwa Vega ZR adalah produk unggulan terbaru dari Yamaha yang memiliki tenaga, kelincahan, dan bensin yang irit.
2. Menetapkan orang yang akan menjadi juru bicara. Dalam hal ini yang menjadi juru bicara adalah Direktur Produksi Yamaha Motor Indonesia yang secara langsung membeberkan keunggulan Vega ZR.
3. Menyusun tim dengan pembagian tugas yang jelas. Berikut susunan team work untuk konferensi pers:
• Konseptor
• Pelaksana kegiatan
• Divisi Internal
• Divisi Eksternal
• Dokumentasi
4. Menyediakan data tertulis yang hendak disampaikan kepada para wartawan. Data tertulis disini mengenai tentang penjelaan produk Vega ZR.
5. Mempersiapkan materi presentasi dan sarana presentasi. Saran presentasi adalah LCD projector, sound systen, audio visual dll ( media tools).
6. Menyusun daftar undangan. Memilih media yang akan di undang dalam konfrensi pers.


- Media Elektronik
 Trans Corp.
 SCTV
 MNC Group

- Media Cetak
 Kompas
 Tempo
7. Menentukan waktu dan tempat penyelenggaraan konferensi pers.
Hari/Tanggal : Senin, 1 Maret 2009
Pukul : 10.00 WIB
Tempat : Ruang Seminar Hotel Novotel Jakarta
8. Membuat daftar cek (checklist) untuk kegiatan-kegiatan yang mesti dilakukan selama persiapan dan penyelenggaraan konferensi pers.

Tidak ada komentar: