Minggu, 14 Desember 2008

Dasar Membuat Musik Digital

Dasar Membuat Musik Digital

Review Bedah Buku “DASAR DAN APLIKASI MUSIK DIGITAL”

Di Gedung Mandala Bhakti, Yogyakarta

Kali ini Saya akan sedikit bercerita tentang bedah buku Saya yang ketiga , “Dasar dan Aplikasi Musik Digital”. Secara garis besarnya, acara tanggal 6 Desember 2008 jam setengah 7 malam ini berjalan lancar, meriah, dan antusias penonton yang lumayan membuat Saya repot dalam menjawab namun membuat Saya bahagia juga. Dalam acara tersebut Saya mengajukan sebuah tantangan untuk mengerjai salah seorang penonton untuk menyanyikan lagu Umbrella – Rihanna, dengan iringan musik Fruity Loop. Dan setelah beberapa waktu tidak ada penonton yang berani maju, muncul sesosok wanita cantik yang berani untuk maju dan menyanyikan lagu Umbrella. Dan tidak disangka suara wanita tersebut sangat bagus... waaah... acara jadi tambah meriah. Thx banget y mbak yang cantiiik....

Dalam acara tersebut, Saya menjelaskan secara umum hal-hal apa sajakah yang harus dikuasai seseorang untuk dapat menghasilkan musik tanpa menggunakan alat musik... dan begini ringkasan penjelasan Saya...... renungi dan hayati. He5x

Hal yang Harus Dikuasai

Untuk dapat membuat musik digital, ada 2 unsur utama yang perlu dikuasai yaitu :

  1. Penguasaan software MIDI yang digunakan. Saya anjurkan menggunakan Fruity Loop, dan untuk dapat menguasai dengan baik beli buku “DASAR DAN APLIKASI MUSIK DIGITAL”.

Ha5x..... promosi2

  1. Penguasaan teori dasar musik.

Sebelum lebih jauh membahas tentang produksi musik digital, pertama-tama kita harus mengerti tentang apa sih MIDI itu sendiri. Dan berikut ini Saya mencoba menjelaskan apa itu MIDI dengan sudut pandang Saya sebagai manusia biasa :

1. ALL ABOUT MIDI

- MIDI : Musical Instrument Digital Interface

- MIDI : Proses produksi musik, yang dilakukan dengan memainkan instrumen-instrumen musik, dengan metode digital atau komputer.

- Seluruh proses pembuatan musik digantikan dengan komputer, baik dari komposisi hingga instrumen yang digunakan.

Untuk penguasaan software produksi musik digital, setidaknya ada 3 hal yang harus Anda mengerti, yaitu :

a. Score : susunan atau komposisi musik yang dibuat.

b. Instrumen musik digital : merupakan instrumen-instrumen musik yang dihasilkan melalui komputer.

c. Mixing : menyelaraskan segala unsur instrumen yang digunakan dalam sebuah aransemen, sehingga dapat nyaman didengar.

Berikut ini penjelasan ketiga unsur tersebut :

A. SCORE

- Pada DASAR-nya ntuk membuat scoring pada software MIDI sequencer, dapat dilakukan dengan :

a. Menggunakan keyboard MIDI Controller untuk membuat susunan nada pada sequencer.

b. Menggambar data MIDI yang merupakan komposisi yang dibuat pada sequencer.

- Selain itu, kita dapat membuat scoring dengan cara ALTERNATIF melakukan scoring :

a. Mengambil, mengolah, mengubah data score yang telah ada pada software.

b. Mengambil, mengolah, mengubah data MIDI yang ada.

B. VIRTUAL INSTRUMEN DIGITAL

- Setiap software audio yang support untuk produksi MIDI memiliki instrumen digital bawaan, selain itu kita juga dapat men-download lewat internet berbagai plugin audio untuk memperkaya instrumen digital yang dimiliki.

- Kita dapat mengeksplorasi suara yang dihasilkan, dengan mengaturnya.

- Kita dapat melakukan sampling suara terhadap instrumen yang dihendaki untuk menjadikan suara instrumen tersebut sebagai unsur suara instrumen digital. Dengan cara merekam suara lalu memasukkannya kedalam plugin sampler.

C. MIXING

- Mixing adalah menyelaraskan seluruh instrumen yang digunakan dalam sebuah lagu.

- Aspek yang diperhatikan dalam mixing :

  1. Equalizer
  2. Level
  3. Panning

- Dalam buku The Art of Mixing, karangan David Gibson menyebutkan bahwa

“mixing adalah mengimajinasikan didalam kepala, unsur equalizer, level, dan panning masing-masing instrumen hingga menjadi padu”.

2. Teori Dasar Musik untuk Produksi Musik Digital

Berikut ini Saya jelaskan tentang bagaimana cara menyusun sebuah lagu.

a. Melodi

- Tangga nada mayor, minor, blues, dll

- Alur melodi (melodi utama – reff)

- Menentukan lagu ada berapa

b. Acord / Kunci / Chord

setelah tercipta melodi, buat chord untuk mengiringi melodi tersebut.

c. Ketukan

kembangkan ketukan yang digunakan dalam membentuk komposisi lagu.

d. Progresi Chord

susun progresi chord keseluruhan lagu dengan baik.

e. Pengembangan lagu

susun bagian-bagian lagu sesuai dengan hati nurani. He5... hingga lagu terdengar baik dan bagus.

- Bagian lagu

Intro – Melodi utama – reff – intrlude – outro

Selamat menghasilkan karya musik tanpa menggunakan alat musik.....

6 komentar:

Anonim mengatakan...

bang Adi.. aku beli buku 'Dasar & Aplikasi Musik Digital'.. di cd-nya memang g ada installer fruity loop-nya y? tak cari2 kq g ada.. cm 3 bab itu.. yg gratis memang cuma demo-nya kah?

adi jarot mengatakan...

iyup..cm 3 bab it
klo softwarenya bisa download di di flstudio.com
nanti saya bantu utk cracking nya

makasi udah baca buku saya

Anonim mengatakan...

mas adi saya sudah lama memakai FL studio 8 xxl studio, tapi selama ini saya belum dapat tutorial yang jelas dan membantu dari internet, sebenarnya tips cara bikin music digital supaya tidak terlalu kaku bagaimana caranya??? nd saya mau merekam suara ke komputer, cara yang mudah dan tidak mengeluarkan baget yang besar bagaiman caranya, terima kasih banyak buat mas adi dan yang bisa menjawab krim saja ke komentar di www.binsargoblog.wordpress.com

terima kasih

Anonim mengatakan...

Bang adi..
Kalo saya mau ngeluarin suara piano dengan nada dasar A sampai G secara otomatis gimana ya caranya ?
Mohon bantuannya. .
Trims

Anonim mengatakan...

lanjutan..
Mksudnya kalo pake FL studio caranya gmn?thx

Anonim mengatakan...

wuah,,,,, ini dia buku yang aku tunggu2.. selama ini belajar music digital blom dapat informasi yang bagus yg bisa di cerna.. mudah2an dengan adanya buku ini kita bisa jadi lebih paham bagaimana kita tetap bisa menghasilkan karya musik dengan meskipun tidak punya personil band hehehe..