Rabu, 20 Agustus 2008

Method - Membuat Style Musik Sendiri

Dalam bermain gitar sangat sering disebut kata Guitar Method. Apa sebenarnya guitar method itu? mari kita ulas bersama…

Teknik, tangga nada, ketukan atau ritmis, chord, dan progresion chord. Hal-hal tersebut sangat mempengaruhi permainan gitar seseorang. Karakter masing-masing gitaris dalam memasukkan hal-hal tersebut ke dalam komposisi permainan gitarnya sangat mempengaruhi corak permainannya. Dan yang tidak kalah penting adalah Karakter Sound yang dimainkan.

Ketika berbicara mengenai method, maka akan secara tidak langsung akan bersinggungan dengan Influence Music atau Pengaruh Musik, yaitu musisi yang mempengaruhi dalam corak permainan musik. Hanya gitaris yang hebat yang dapat dijadikan acuan atau pengaruh dalam belajar membentuk corak permainan gitar. Biasanya gitaris yang hebat memiliki corak permainannya sendiri sehingga hanya dengan mendengar satu bagian atau lick permainan gitarnya, maka tanpa melihat siapa yang memainkan gitar akan diketahui siapa yang memainkannya. Baik dari permainannya ataupun dari sound yang dihasilkan akan memiliki ciri khas yang hanya dapat dihasilkan olehnya.

Ciri khas dalam permainan gitar inilah yang sering disebut dengan Guitar Method. Diperlukan proses panjang untuk dapat menghasilkan ciri khas dalam permainan gitar. Tentunya diperlukan latihan keras dan kemauan untuk berkembang.

Langkah-Langkah Belajar
Untuk permulaan, dapat dengan mempelajari method yang telah ada dari gitaris yang menjadi idola dan memiliki karakter permainan yang bagus serta dapat dicerna dan dipelajari. Apabila mengacu pada gitaris yang memiliki permainan yang sulit untuk dicerna dan dipelajari, maka untuk dapat menguasainya akan sangat sulit.

Setelah dengan lancar menguasai method dari gitaris yang menjadi idola Anda, maka langkah berikutnya adalah dengan belajar untuk membuat sendiri karakter pemainan musik yang dimainkan. Dari karakter nada, chord, ketukan, hingga sound yang dihasilkan. Sehingga dengan hanya mendengar permainan gitar Anda, maka semua orang tahu jika Anda adalah orang yang menghasilkan permainan musik tersebut.

Selamat membentuk karakter musik Anda sendiri……

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://musik.infogue.com/method_membuat_style_musik_sendiri